Disdagrin Mabar Kembali Gelar Pelatihan Teknis Produksi Olahan Ikan

  • Kamis, 30 November 2023 - 07:43:52 WIB
  • Superadmin
  • 22
Disdagrin Mabar Kembali Gelar Pelatihan Teknis Produksi Olahan Ikan

Labuan Bajo --- Disdagrin Kabupaten Manggarai Barat krmbali menggelar kegiatan Pelatihan Teknis Produksi dan Standarisasi Produk (Olahan Ikan) Sentra Kecamatan Boleng di Labuan Bajo selama 4 hari dari tanggal 29 November s/d 2 Desember 2023.

Pelatihan produksi berbahan dasar ikan ini merupakan yang ketiga kalinya dilaksanakan oleh Disdagrin Manggarai Barat pada tahun 2023. Sebelumnya, pelatihan yang sama pernah dilaksanakan namun pesertanya berasal dari Sentra IKM Kecamatan Komodo.

Dalam arahan singkat saat membuka acara, Kepala Disdagrin melalui Sekretaris Dinas, Suwardi, SE menekankan kegiatan pelatihan olahan ikan ini merupakan bentuk komitmen Pemrintah (Daerah) dalam mengembangkan IKM olahan pangan khususnya olahan ikan di Manggarai Barat sehingga dapat tumbuh dan bersaing dengan produk IKM dari luar.

"Melalui pelatihan ini menunjukan keseriusan kami dalam mengembangkan IKM olahan pangan dengan bahan dasar ikan agar Pelaku IKM memiliki kemampuan dan keterampilan untuk maju dan bersaing dari serbuan produk IKM dari luar daerah" urainya.

Ditambahkannya, peserta pelatihan harus serius dan memanfaatkan momentum pelatihan ini untuk menggali potensi usaha yang dapat dikembangkan kedepannya. Apalagi dewasa ini Labuan Bajo telah menjadi destinasi favorit kunjungan wisatawan.

"Bagi peserta yang belum memiliki produk tetap, kami berharap setelah mengikuti pelatihan ini langsung menemukan inspirasi jenis usaha olahan ikan apa yang mau dikembangkan. Pertimbangkan kebutuhan wisatawan yang datang ke Labuan Bajo" tambahnya.

Senada dengan pernyataan Sekretaris Disdagrin, Kabid Perindustrian, Katarina F. Jun, SP menuturkan setidaknya terdapat sepuluh produk olahan ikan yang akan dipraktekkan cara pembuatannya oleh narasumber kompeten.

"Para peserta akan mendapatkan pelatihan praktek cara pembuatan sepuluh jenis produk olahan ikan dari narasumber dan praktisi yang kompeten di bidangnya. Rugi kalau peserta tidak mengikuti pelatihan ini dengan baik" tuturnya.

Kesepuluh produk olahan ikan yang dipraktekkan kepada peserta terdiri dari praktek pembuatan abon ikan, nugget ikan, lure krispi, amplang ikan, otak-otak ikan, pempek ikan, 

Pelatihan teknis pengolahan ikan ini diikuti oleh 30 orang peserta dari Sentra IKM Kecamatan Boleng yang seluruhnya perempuan-dengan usia rata-rata produktif- berasal dari Desa Tanjung Boleng sebanyak 15 orang dan Desa Golo Sepang sebanyak 15 orang. 

Satimi, salah satu peserta yang berasal dari Terang Desa Golo Sepang mengungkapkan antusiasmenya mengikuti pelatihan ini.

"Kami bersyukur Dinas mengajak kami untuk mengikuti pelatihan ini. Terus terang, ini pertama kalinya saya dilibatkan dalam kegiatan pendampingan seperti ini. Saya yakin banyak ilmu dan pengalaman yang bisa kami dapat dalam pelatihan ini. Sekali lagi terima kasih kepada Panitia" ungkap ibu yang mengaku saat ini sedang mengembangkan produk keripik pisang.

Sebagaimana telah disinggung sebelumnya, pelatihan teknis ini dilaksanakan selama empat hari bertempat di Komodo Boutique Hotel Sernaru Kelurahan Wae Kelambu dan di Ruang Praktek SMKN Komodo Labuan Bajo.

Kegiatan Pelatihan Teknis Produksi dan Standarisasi Produk Olahan Ikan disampaikan dan dipraktekkan langsung oleh narasumber dari Food Konsultan yang didatangkan dari Jakarta, Pegawai dari Loka POM Labuan Bajo, Dinas Kesehatan dan Kementerian Agama, Pelaku IKM yang telah mandiri serta staf pengajar dari SMKN Komodo Labuan Bajo.

Metode pelatihan disampaikan secara tatap muka, 25 persen dalam bentuk teori dan 75 persen melalui praktek langsung proses pembuatan produk olahan ikan bertempat di Ruang Praktek SMKN Labuan Bajo.

Kegiatan ini terselenggara berkat dukungan anggaran dari APBD Tahun Anggaran 2023 melalui DAK Non Fisik dari Kementerian Peridustrian. #SWD#

  • Kamis, 30 November 2023 - 07:43:52 WIB
  • Superadmin

Berita Terkait Lainnya